sponsor

Berita Terbaru

Senin, 03 Oktober 2011

Penyimpangan Agama


Penyimpangan yang paling berbahaya setelah penyimpangan tentang pemahaman Laa Ilaaha Illallah adalah penyimpangan akan pengertian ibadah.
Pemahaman dari kebanyakan umat islam saat ini adalah bahwa ibadah merupakan persoalan yang berhubungan dengan urusan agama. Di luar itu ada hal-hal yang bukan berkaitan dengan masalah agama, itulah masalah dunia.
Pemahaman yang keliru di kalangan generasi belakangan ini menyebabkan
ibadah tak lebih dari sekedar syiar-syiar ubudiah semata. Lantas apa tujuan eksistensi manusia dengan ibadah yang hanya sedemikian itu?
Ibadah bukanlah sekedar melakukan syiar-syiar ubudiah yang maknanya cukup sampai pada syiar itu sendiri. Dengan kata lain tak ada urusan dunia yang terpisah dari urusan agama sebagaimana banyak dipahami orang selama ini.
Pengertian yang perlu dicamkan sebagai dasar untuk memahami makna ibadah, yakni bahwa seluruh kehidupan, seluruh potensi, waktu, tenaga, pikiran dan kemampuan lainnya yang digunakan untuk kemakmuran alam ini disebut ibadah. Ibadah mencakup semua aspek kehidupan. Semua aktifitas hidup adalah ibadah, selama masih dalam posisi Ridho Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar