sponsor

Berita Terbaru

Senin, 03 Oktober 2011

Makna ibadah



Makna ibadah sekarang ini telah mengalami penyempitan arti, ibadah yang hanya diartikan sebagai ibadah-ibadah ritual atau sekedar mengisi syiar-syiar keagamaan.
Keadaan seperti ini tidak boleh dibiarkan terus menerus sebab dapat mengakibatkan umat terbelenggu dalam kegiatan-kegiatan yang kelihatan banyak namun sesungguhnya miskin hakiki. Dan pada akhirnya tak mampu mengangkat umat ini kepada kemuliaan hidup baik didunia maupun diakhirat.
Dalam kenyataan pemisahan antara yang rohani dan yang bukan rohani merupakan suatu fenomena baru yang tidak sesuai dengan misi islam dan dengan semangat serta pandangan islam.
Dalam islam perbedaan antara yang bersifat agamawi dan yang duniawi
tidak bisa diterima; begitu pula pemisahan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu pengetahuan.
Tetapi sekarang suatu tragedi yang menyedihkan telah menjadi kenyataan. Kebudayaan islam dipandang sebagai “ ilmu pengetahuan kuno “ sementara ilmu pengetahuan alam dan sosial telah mengambil alih tempat didalam hati dan pikiran masyarakat dan berkembang jauh serta terpisah dari kebudayaan islam.
Mengapa hal ini terjadi? Jika kita percaya bahwa kebenaran islam sebagai kebenaran sejati yang selamanya relevan, maka kaum musliminlah yang harus disalahkan jika mereka tidak dapat maju..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar